Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML #1

Kesalahan Dalam Menulis Puisi Bagi Pemula

Tips Menulis Puisi Bagi Pemula Terbaru

 

Lianasari993 - Ada yang bilang menulis puisi itu mudah dan cepat. Kalimat yang sering terdengar dari penulis yang sudah cukup lama menggeluti dunia kepenulisan, hanya menyiapkan pena juga kertas. Menyalurkan segala ide dalam pikiran, tanpa peduli aturan. Memang ada benarnya!

Lalu, seseorang bilang. Katanya menulis puisi itu sulit dan butuh waktu lama supaya bisa bikin satu puisi. Butuh persiapan, mulai ikut berbagai macam kelas, baca banyak buku. Kadang itu belum cukup, atau malah tidak menulis.

Coba kasih pertanyaan pada diri sendiri, “Mau menulis atau tidak sama sekali?”

Terlalu fokus pada berbagai macam alasan, membuat seseorang terpaku cukup lama. Hingga tidak ada satupun puisi yang berhasil dibuat, hanya mencoret-coret kertas tanpa ada tema.

Kali ini aku mau membahas kesalahan yang sering terjadi dalam menulis puisi :

1. Terlalu Fokus Mengikuti Tulisan Orang Lain

Membaca dan belajar tulisan karya orang lain memang diperbolehkan. Hanya saja, kamu harus memahami setiap tulisan itu sebagai ilmu baru. Lalu mencoba ulang tema dan isi puisi dengan bahasa sendiri, memperhatikan lebih detail sesuai atau tidak dengan dirimu.

Karena, puisi itu seperti tulisan bernyawa. Menggambarkan karakter, suasana dari penulis itu sendiri terhadap tulisan mereka.

 

2. Alasan Menulis Puisi Tapi Tidak Jelas

Jadi maksudnya, menulis puisi secara asal tanpa mengutamakan perasaan dan logika. Tanpa ada tema, judul dan susunan kata yang tepat. Jadi tulisan terkesan berantakan, tidak jelas mau di bawa ke mana.

 

3. Ingin Menulis Puisi Langsung Bisa/Bagus

Menulis puisi tidak bisa didapatkan secara instan, perlu proses belajar yang panjang. Para penulis umumnya melakukan pelatihan menulis, pelatihan menulis biasa dilakukan dengan cara menulis, menulis, dan terus menulis.

Jangan hanya iming-iming semata. Pernah tidak, kamu mendengar kalau menulis bisa dikenal banyak orang, menghasilkan uang dll.


 4. Tidak Mau Belajar

Ini kesalahan fatal, berharap bisa menulis puisi tapi tidak mau belajar. Lantas bisanya dapat dari mana? Enggak mungkin kan tiba-tiba kepintaran turun sendiri dari langit? Atau ke jedot tembok langsung jago nulis ?

Mau tidak mau, menulis puisi itu harus di dasari keinginan belajar yang kuat, konsisten dan mengikuti berbagai kegiatan serupa.


5. Takut Salah

Siapa sih yang suka takut jika salah? Mau sampai kapan...

Hampir semua keputusan yang mau kamu ambil pasti ada resiko, namun yang harus diperhatikan bagaimana cara menghadapi kesalahan itu.

Semakin banyak kesalahan, akan semakin membuat kamu sadar dalam mengambil keputusan.

Buang segala rasa takut, ragu dan kekhawatiran itu. Ambil kertas dan pena, atur suasana hati dan tentukan tema sekarang juga.

 

Sekian dari materi yang aku sampai malam hari ini, mengenai kesalahan dalam menulis puisi bagi pemula. Dari penjelasan di atas mungkin kamu pernah mengalaminya, entah bertahan sampai sekarang atau mencoba memperbaiki lebih baik dari sebelumnya.

 

Sumber informasi : Opini pribadi

Penulis : lianasari993
lianasari993
lianasari993 lianasari993 merupakan nama pena, kerap kali di panggil Lian. Lahir dan Besar di Jawa Timur. Membaca bagian dari hobi yang tidak bisa ditinggal hingga memutuskan untuk menulis sampai sekarang.

Post a Comment for "Kesalahan Dalam Menulis Puisi Bagi Pemula"